Salah satu modal utama dalam mendorong pembangunan nasional, Pemerintah memfokuskan pada peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM). SDM berupa manusia yang dipekerjakan di sebuah organisasi sebagai penggerak, pemikir, dan perencana untuk mencapai tujuan organisasi tersebut, terutama dalam menyambut revolusi industri 4.0 dan transformasi digital. Sumber daya manusia dalam sebuah organisasi bukan sekedar menjalankan tugas dan fungsinya tetapi lebih jauh SDM merupakan asset utama yang bernilai dan nilai tersebut dapat dilipatgandakan. Pada hakikatnya, sumber daya manusia juga merupakan kunci yang menentukan perkembangan instansi atau lembaga. Indikator yang menjadi tolak ukur keberhasilan sebuah lembaga, disamping memiliki SDM yang menjalankan tugas dan fungsi di lembaga, adalah mampu memberikan pelayanan sesuai kebutuhan pelanggan dan memberikan kepuasan bagi pelanggan. Pelayanan lembaga mengacu pada Kebijakan Kementrian Pendayagunaan Apartur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permenpan dan RB) Nomor 15 tahun 2014 tentang standar pelayanan.
Terkait dengan hal itu Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Sumatera Barat menyelenggarakan In House Training (IHT) Pelayanan Prima (Service Excellence) dalam rangka peningkatan kapasitas SDM untuk menambah wawasan dan meningkatkan profesionalitas pegawai Non ASN di lingkungan BBPMP Provinsi Sumatera Barat sehingga lembaga mampu meningkatkan dan memberikan pelayanan terbaik, memuaskan, dan sesuai kebutuhan pelanggan. Tujuan dari pelaksanaan kegiatan IHT bagi pegawai Non ASN/PPNPN (Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri) ini diharapkan peserta mempunyai komitmen untuk memberikan pelayanan yang berkualitas kepada pelanggan dan meningkatkan kerja tim (team work) dalam memberikan pelayanan.
Kegiatan IHT Pelayanan Prima dilaksanakan dari tanggal 29-30 November 2022 bertempat di Aula Imam Bonjol BBPMP yang dibuka oleh Kepala BBPMP Provinsi Sumatera Barat, dalam hal ini diwakili oleh Kabag Umum Bapak Drs. Irsad Sakti, SE. yang selanjutnya memberikan materi pertama tentang kebijakan. Narasumber utama pada kegiatan IHT Pelayanan prima adalah konsultan UPT Kemendikbud Ristek untuk BBPMP Provinsi Sumbar Yossi Srianita, M.Pd. dengan materi penguatan Growth Mindset dan Efektif Communication. Hari kedua IHT merupakan keistimewaan tersendiri dengan kehadiran Kepala BBPMP Provinsi Sumatera Barat Bapak Drs. Mulyatsyah, MM. Dalam arahan beliau disampaikan tiga hal penting kepada peserta IHT bahwa 1) Melayani merupakan peran utama lembaga BBPMP kepada masyarakat dalam upaya peningkatan mutu pendidikan, 2) SDM PPNPN adalah bagian penting di lembaga BBPMP, keberadaan pegawai pada tugas masing-masing saling melengkapi dan mendukung proses pelayanan yang terbaik, 3) Melayani yang dilakukan dengan sepenuh hati akan mendatangkan banyak keberuntungan dan hal baik yang akan kembali kepada individu SDM.
Rudi Fianto, S.Sos. sebagai ketua pelaksana kegiatan mengungkapkan dalam sambutannya bahwa peserta IHT Pelayanan Prima diikuti pegawai pemerintah Non ASN yang terdiri dari 45 orang. Peserta yang hadir selama dua hari kegiatan berlangsung sangat antusias dan menunjukkan keseriusan yang difasilitasi melalui kerja kelompok, evaluasi dan refleksi, diskusi dan presentasi dari hasil kerja kelompok. Semoga semangat dan keseriusan peserta IHT akan terjaga dan memiliki komitmen tinggi dalam melayani dari hati dan mencerminkan budaya kerja lembaga yang berdedikasi tinggi.
Yossi Srianita (Konsultan BBPMP Prov. Sumbar)